Mengontrol Kolom

Urutan kolom yang ditampilkan dalam tampilan Formulir identik dengan urutan dalam struktur kolom dari tabel yang mendasari. Namun, dalam tampilan tampilan (seperti tampilan Tabel atau Detail), urutan kolom dapat bervariasi. Dalam pandangan ini, AppSheet melakukan yang terbaik untuk secara otomatis memesan kolom berdasarkan kepentingannya. Jika Anda menggunakan tampilan Tabular atau Grouped List, atau tampilan Tabel, Anda dapat secara manual mengontrol urutan kolom.

Setelah menjelaskan bagaimana AppSheet secara otomatis memesan kolom, kami menjelaskan bagaimana Anda dapat secara manual mengganti pilihan ini.

Bagaimana AppSheet secara otomatis memesan kolom
AppSheet secara otomatis memesan kolom menggunakan aturan-aturan ini:
  1. Aturan 1. Kami selalu menunjukkan kunci karena kunci, menurut definisi, secara unik mengidentifikasi setiap baris. Tanpa kunci, tidak jelas entri data mana yang ditampilkan. Jika kuncinya disembunyikan (dengan mencentang kotak centang "Tersembunyi" di Editor), kami tidak menunjukkan kuncinya dan malah menampilkan data dari kiri ke kanan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang cara memilih kunci yang sesuai di sini.
  2. Aturan 2. Selanjutnya kami menambahkan bidang yang memanggil ikon 'dapat ditindaklanjuti' (misalnya: nomor telepon, alamat email, dll). AppSheet mengasumsikan item-item ini adalah hal-hal yang Anda inginkan dengan 'klik cepat'.
  3. Aturan 3. Lalu kita lanjutkan dari kiri ke kanan dalam urutan kolom spreadsheet-- jika beberapa kolom lebih penting bagi Anda, harap pindahkan ke kiri dalam spreadsheet.
  4. Aturan 4. Banyak spreadsheet memiliki kolom paling kanan yang dihitung dengan rumus - misalnya: biaya barang. Jika kami mengenali pola ini, kami pastikan untuk menyertakan kolom ini.

Mari kita lihat bagaimana ini bekerja dalam aplikasi nyata dibangun dengan AppSheet: biaya estimator disatukan oleh sebuah bengkel mobil fiksi untuk menghitung total keuntungan yang dihasilkan dari pekerjaan yang dilakukan dalam satu minggu.

Pertama, mari kita lihat spreadsheet asli - ada empat kolom: Layanan, Total, Biaya, dan Jenis.

Setelah aplikasi dibuat dari spreadsheet, baik melalui Google Sheets AppSheet ini add-on atau langsung dari AppSheet.com, kini Anda dapat melihatnya langsung di emulator aplikasi.

Anda akan perhatikan bahwa kolom paling kiri saya, Layanan, tampil pertama di aplikasi. Karena kolom Layanan adalah kolom pertama dalam spreadsheet dan item dalam kolom tidak diulang dua kali, AppSheet memilih Layanan sebagai kunci untuk aplikasi - jadi itulah yang pertama ditampilkan.

Jika Anda mengklik salah satu entri di aplikasi, Anda akan dapat melihat sisa kolom dan data.

Menata kolom secara manual

Anda dapat mengontrol urutan kolom menggunakan tab UX> Tampilan Editor.

Klik ikon edit di sebelah tampilan yang kolomnya ingin Anda atur ulang.
Di bawah "Urutan Kolom" tentukan urutan di mana Anda ingin kolom muncul.  
Mari kita lihat bagaimana ini bekerja di aplikasi Kalkulator Profit. 

Awalnya, kolom diperintahkan sesuai dengan spreadsheet, dengan "Layanan" pertama dan kemudian "Total" berikutnya. Namun, katakanlah Anda ingin melihat "Ketik" dan "Biaya" terlebih dahulu.

Untuk melakukan ini, di Editor> UX> tab Tampilan, pertama klik ikon edit di sebelah tampilan yang ingin Anda edit. Kemudian, di kolom ColumnOrder, klik tombol "+" untuk setiap kolom yang ingin Anda lihat di tampilan utama.




Dari tampilan Tabel, jika Anda mengklik salah satu baris, itu akan memperluas untuk menunjukkan seluruh baris dalam tampilan Detail (tampilan Slideshow sebelumnya). Saat ini, tampilan Detail tidak akan mempertahankan urutan kolom yang Anda tentukan untuk tampilan Tabel. Anda dapat mengaturnya secara terpisah dengan membuat tampilan Detail untuk tabel, tandai posisinya sebagai 'Ref' (untuk menunjukkan bahwa itu sebenarnya tidak ditampilkan melalui tombol tampilan tetapi hanya ditampilkan ketika direferensikan), dan tentukan urutan kolomnya juga .

Mengontrol Lebar Kolom

ppSheet tidak membiarkan pembuat aplikasi mengatur ukuran kolom secara manual karena berbagai ukuran layar ponsel dan tablet. Sebagai gantin...